Senin, 17 Juni 2013

Manusia Hiperbola (?)

Dengan judul kayak gini pasti pada penasaran kan sama isi topik ane yang satu ini :3 *mencoba pede*
well, ga usah di pikirin kata-kata ane barusan yaaaa :)
kali ini nih ane mau bahas tentang 'manusia hiperbola' . Bukan manusia jadi-jadian kaya gini loh ya :3
*asli ini tijel*
okidiw yaaaa langsung next aja kalo penasaran, yang ga penasaran juga wajib next yaaa buat nambah pengetahuan :)

Hiperbola. 
hiperbola adalah salah satu majas. ya~ majas hiperbola.
apa sih arti dari hiperbola?
kata kunci : berlebih-lebihan .
arti : majas yang menyatakan sesuatu dengan berlebih-lebihan.

so, udah pada tau kan maksud dari judul di atas ^^

hiperbola dalam bahasa anak gaul jaman sekarang idem dengan L-E-B-A-Y
sedangkan dalam agama namanya GHULUW (berlebih-lebihan)

virus ghuluw kini sudah merajalela di kalangan kita semua. 
FYI, Ghuluw (melampaui batas atau berlebih-berlebihan) dalam agama adalah sikap yang tercela dan dilarang oleh syariat islam. Sikap ini ga akan mendatangkan kebaikan bagi pelakunya; juga ga akan membuahkan hasil yang baik dalam segala urusan. Terlebih lagi dalam urusan agama.

Banyak sekali loh dalil-dalil al-Qur'ân dan Sunnah yang memperingatkan dan mengharamkan ghuluw atau sikap melampaui batas tersebut.

Allah Azza wa Jalla berfirman:

قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لَا تَغْلُوا فِي دِينِكُمْ غَيْرَ الْحَقِّ وَلَا تَتَّبِعُوا أَهْوَاءَ قَوْمٍ قَدْ ضَلُّوا مِنْ قَبْلُ وَأَضَلُّوا

Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, janganlah kamu berlebih-lebihan (melampaui batas) dengan cara tidak benar dalam agamamu. Dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang telah sesat dahulu (sebelum kedatangan Muhammad) dan mereka telah menyesatkan kebanyakan (manusia), dan mereka tersesat dari jalan yang lurus". [al-Mâ`idah/5:77]

itu baru salah satu dalilnya, sebenernya masih banyak dalil tentang ghuluw yaitu QS. Al-Maaidah (Al-Maidah) [5] : ayat 87, QS. Al-A'raaf (Al-A'raf) [7] : ayat 55,  QS. Al-A'raaf (Al-A'raf) [7] : ayat 31, QS. Asy-Syuura (Asy-Syura) [42] : ayat 27, dan lainnya. silahkan kalian cari sendiri dalam al-qur'an :)
Ghuluw dalam agama itu sendiri adalah sikap dan perbuatan berlebih-lebihan melampaui apa yang dikehendaki oleh syariat, baik berupa keyakinan maupun perbuatan. Setau ane sikap ghuluw itu diawali dengan sesuatu yang sepele, namun dalam waktu singkat bahayanya akan meluas dan kerusakannya akan menyebar. Orang-orang yang jatuh dalam sikap ghuluww ini akan berbicara tentang Allah tanpa haq yang akhirnya mereka sesat dan menyesatkan orang lain dari jalan yang lurus. Sikap ghuluw inilah yang merupakan penyebab munculnya seluruh penyimpangan-pengimpangan. Maka, mereka berhak menerima ketetapan adzab, karena itulah Allah membinasakan mereka.Naudzubila himinzalik >.<

contoh dari sikap ghuluw misalnya adalah perbuatan sebagian orang yang berwudhu dalam bilangan yang berlebihan. Dia berwudhu hingga empat, lima, atau enam kali bahkan lebih dari itu, dengan alasan untuk lebih sempurna. Padahal Rasulullah mengajarkan kepada kita utk berwudhu tak lebih dari tiga kali.

jangan di anggap sepele yaaa, ternyata ghuluw juga punya banyak bahaya loooh :
Pertama, melanggar larangan Allah dan Rasul-Nya, sebagaimana larangan Allah yang ditujukan kepada Yahudi dan Nasrani, namun pada hakikatnya larangan tersebut untuk seluruh umat.
Kedua, ghuluw telah membinasakan umat-umat terdahulu.
Ketiga, ghuluw merupakan jembatan menuju kekufuran dan kesyirikan kepada Allah.
Keempat, ghuluw merupakan asas tunggal kesyirikan orang-orang musyrik jahiliah serta kekufuran orang-orang Yahudi dan Nasrani berikut kesesatan firqah-firqah yang ada di tengah-tengah kaum muslimin.
Kelima, ghuluw akan mengangkat orang yang dikultuskan hingga mencapai martabat yang sangat tinggi atau menghinakannya hingga ke martabat yang sangat rendah.
Keenam, ghuluw akan mengantarkan kepada penyembahan yang dipuja-puja.
Ketujuh, ghuluw akan menghalangi (seseorang) untuk mengagungkan Allah .
Kedelapan, ghuluw akan menimbulkan keangkuhan dan kesombongan orang yang dikultuskan.


nah, begitulah kiranya informasi yang ane tau tentang ghuluw.Gimana tanggapan kalian?
semoga kita semua termasuk orang yang jauh dari sikap Ghuluw, aamiin :)


0 komentar:

Posting Komentar

 

NNF Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang