Sabtu, 20 Oktober 2012

Keutamaan Membaca Surah Al-ikhlas

KEUTAMAAN SURAH AL-IKHLAS



بسم الله الرحمن الرحيم

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (1) اللَّهُ الصَّمَدُ (2
 لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (3) وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ (4


Allah berfirman.
Artinya : “Katakanlah : “Dialah Allah, Yang Maha Esa” [Al-Ikhlash : 1]
“Allah adalah Illah yang bergantung kepadaNya segala urusan” [Al-Ikhlash : 2] “Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan” [Al-Ikhlash : 3] “Dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia” [Al-Ikhlash : 4]

Dari Abu Ad-Darda’ yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, dan imam-imam lainnya, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Apakah salah seorang dari kalian tidak mampu membaca sepertiga Al Qur’an dalam semalam? ” Mereka bertanya. “Bagaimana sepertiga Al Qur’an dapat dibaca dalam semalam?’ Beliau menjawab, “Qul huwallaahu ahad (yakni surah Al-Ikhlas) menyamai sepertiga Al Qur’an.

Barangsiapa membaca Qulhuwallahu ahaad (Al-Ikhlas) tiga kali (3x), maka ia seolah-olah sudah membaca (seluruh) Al-Qur’an.[HR. Ahmad, Nasa'i, Adh Dhiya' al Maqdisi] Al Haitsami menjelaskan, para perawi dalam sanad hadits tergolong shahih.

“Barang siapa membaca surah al Ikhlas hingga selesai 10x, maka Allah membangunkan baginya sebuah rumah di surga.” [H.R Ahmad]

Ketika Nabi SAW mendengar seorang pria membaca surah Al-Ikhlas, beliau kemudian berkata, “Sungguh surga telah wajib baginya.” (HR. At Tirmidzi)

0 komentar:

Posting Komentar

 

NNF Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang